ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MKDU

          ILMU SOSIAL DASAR
                      SEBAGAI MKDU



  PENDAHULUAN


1. LATAR BELAKANG

D
iberikannya ISD adalah banyaknya kritik yang ditunjukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para Cendikiawan, terutama Sarjana pendidikan, Sosial Kebudayaan. Mereka menganggap sistem Pendidikan kita berbau Colonial, dan masih berupa warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan Ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Kongrat Theodhore van Deventer. Sistem ini bertujuan mengasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi " Tukang-tukang" yang mengisi Birokrasi mereka dibidang Administrasi, Perdagangan, Teknik Keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan negara. Ternyata sekarang masih dirasakan banyak tenaga ahli yang berpengetahuan keahlian khusus dan mendalam, sehingga wawasan sempit. Padahal sumbangan pemikiran dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian kompleks. 
Hal ini, sistem pendidikan kita menjadi suatu yang 'Elite" bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, tidak mengenali dimensi-deimensi lain diluar disiplin keilmuannya perguruan tinggi seolah-olah menara gading yang banyal mengasilkan sarjana-sarjana "Tukang" tidak mau dan peka terhadap denyuk kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.
ISD, sebagai bagian dari MKDU, memunyai tema pokok yaitu hubungan timbal balik antaramanusia dengan lingkungannya. ISD sebagaimana dengan IBD dan IAD, bukanlah pengantar displin ilmu itu tersendiri,tetapi menggunakan pengertian-pengertian (fakta, Teori, Konsep) yang berasal dari berbagaibidang keahlian untuk menanggapi masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.


2. TUJUAN

Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah membati perkembangan pikir mahasiswa dan keprobadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri kepribadiian yang diharapkan dari setiap golongan terpelajar Indonesia.
1). Memahami dan juga menyadari adanya kenyataan Sosial dan masalah-masalah Sosial yang ada didalam kehidupan masyarakat.
20. Peka terhadap masalah Sosial untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
3). Menyadari bahwa setiap masalah Sosial yang timbil dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat dipelajari



3. SASARAN


Ilmu sosial ini perlu dimiliki atau dipelajari oleh setiap kalangan, baik mahasiswa, pelajar, dan masyarakat.         karena dengan ilmu sosial dasar, kita bisa mengenal masalah-masalah sosial dan tahu tentang masalah sosial yang semakin berkembang.
Dengan ilmu sosial dasar itu menunjukan bahwa peran sebuah aspek perilaku dan tindakan sangat diperlukan untuk membuat kita mengenal sesama.









Ilmu Sosial Dasar Sebagai MKDU

          Ilmu Sosial Dasar
Telah diketahui bahwa sumber dari segala ilmu pengetahuan adalah filsafat, baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu sosial bermula dari filsafat.
Ilmu sosial terus berkembang secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan manusia di muika bumi ini. Contohnya :
·                     Berdirinya akademi polotik di Yogyakarta yang disponsori oleh berdirinya tenaga akademis Pembina ilmu polotik dari belanda.
·                     Didirikan balai pendidikan tinggi gajah mada yang mempunyai dua fakultas yaitu fakutas sastra dan fakultas social
·                     Didirikan akademi kepolisian


Ilmu pengetahuan sosial.
Dalam perkembangan ilmu sosial timbul paham studi sosial disebut IPS, IPS yang berarti ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah. IPS adalah bidang studi yang merupakan panduan ( fusi ) dari sejumlahmata pelajaran sosial. Materi berbagai disiplin ilmu sosial seperti geografi , ilmu politik , ilmu hukum ,dll.
Ilmu Sosial Dasar
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu – ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial  yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. Dengan begitu ilmu – ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipil.
Latar belakang Ilmu Sosial Dasar
Latar belakang diberikan mata kuliah ISD di perguruan tinggi karena beberapa hal :
·                     Banyaknya kritikan yang timbul yang ditujukan pada system pendidikan di perguruan tinggi, yang masih berbaur colonial.
·                     System pendidikan kia menjadi sesuatu yang elite bagi masyarakat sendiri sehingga kita kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, serta mengenali dimensi – dimensi lain.
Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan  mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu ;
·                     Kemampuan Personal ( lkemampuan kepribadian )
·                     Kemampuan akademik
·                     Kemampuan professional
Ilmu sosial dasar sebagai komponen MKDU
Kemampuan personal ditanamkan kepada mahasiswa melelui mata kuliah dasar umum atau MKDU. MKDU pun memperluas cakrawala yang tidak terbatas sehingga mampu untuk berwawasan lebih luas lagi yang tidak ada batasannya.
MKDU terdiri dari :
·                     Agama
·                     Pancasila
·                     Kewiraan
·                     Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
·                     Ilmu Sosial Dasar ( ISD )
·                     Ilmu Budaya Dasar ( IBD )

    RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR


Tiga golongan  bahan pelajaran ISD :
1.                   Kenyataan masalah dalam  masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial , karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
1.                   Konsep-konsep social tentang kenyataan social berbatasan dengan konsep dasar atau elemnter saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah social yang di tuangkan  dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial.
1.                   Masalah-masalah yang muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
  Masalah-Masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
·                     Masalah-masalah Sosial
Masalah yang dihadapi masyarakat tidaklah sama, karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam di mana manusia itu hidup, seperti masalah sosial, moral, politik, ekonomi, agama, dll. Suatu masalah yang digolongkan sebagai masalah sosial oleh ahli, belum tentu dianggap sebagai masalah sosial oleh umum.
·                     Masalah-masalah Sosial dan Ahli Ilmu Sosial
Berbagai disiplin ilmu yang tergolong dalam ilmu-ilmu sosial menjadikan masalah sosial sebagai ruang lingkup studi, tetapi pusat studi terdapat pada usaha memahami hakikat manusia menurut perspektif masing-masing.
·                     Masalah-masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
Dengan menggabungkan kacamata subjektif dan objektif akan mewujudkan adanya kepekaan mengenai masalah-masalah sosial yang disertai dengan rasa tanggung jawab dalam kedudukannya sebagai masyarakat ilmiah dan warga Negara Indonesia.


   Kesimpulan


Jadi kesimpulan dari makalah ini adalah hasil karya cipta karsa manusia yang berasal dari alam sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama. Menghadapi masalah-masalah dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, demikian pula untuk memenuhi tutuntutan masyarakat dan negara , maka diselenggarakan program-program pendidikan umum..
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas.
1.                   Kemampuan akademis; adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative pemecahannya.
2.                   Kemampuan professional; adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
3.                   Kemampuan personal ; adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MKDU ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MKDU Reviewed by Rota on 23.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.