Untuk tugas kali ini saya akan membahas tentang "Strategi & Desain Manajemen Layanan Sistem Informasi berbasis Web". Setiap orang yang mempunyai web untuk tujuan berbisnis atau membantu layanan masyarakat pastinya ingin merasa bermanfaat untuk para pelanggan ataupun orang lain yang memakainya. Ada 4 strategi umum layanan :
- Perspektif
- Position
- Plan
- Pattern
Mengapa desain layanan itu penting ? Karena desain layanan bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa layanan akan melakukan seperti yang direncanakan. Disini ada 5 aspek individu dalam desain layanan :
- Solusi layanan baru atau perubahan
- Sistem manajemen & layanan perangkatnya
- Arsitektur teknologi & sistem manajemen
- Proses, peran & kemampuan
- Metode pengukuran & satuan
Nah, gimana kalau Strategi dalam berbasis web sendiri ?. Ada 6 bagian dari strategi dalam sebuah desain web :
- Menetapkan tujuan sebuah web
Pastikan client memiliki tujuan untuk apa web itu berjalan dan digunakannya di sektor mana saja. - Identifikasi target yang melihat
Ada beberapa aspek desain yang akan mempengaruhi desain web tersebut seperti : umur, jenis kelamin, profesi, dan kompetensi - Menentukan brand dari sebuah web
Memikirkan warna, perasaan yang akan disampaikan semestinya harus memberikan kekuatan untuk brand web tersebut. - Tujuan akhir desain
Tujuan utama ada 3 :- Persingkat text, jangan gunakan bahasa terlalu detail.
- Perjelas tombol/kolom, contohnya : kolom "pendaftaran" dengan warna atau gambar khusus sehingga gampang ditemukan.
- Persingkat item-item registrasi, untuk calon pendaftar hanya mengisi bagian yang penting-penting saja, kalau untuk detailnya di dalam selesai mendaftar.
- Tool Analisis target
Jika anda memakai blogger maka untuk mengecek pengujung dengan mengeceknya di RSS Statistik. - Kaizen
Sebenarnya ini dari bahasa jepang yaitu : Kai artinya perubahan Zen artinya baik. Ketika bekerja dalam dunia per-weban, kita harus berpikir bahwa yang sudah terpublish tidak ada versi finalnya. Kita akan melakukan perbaikan terus-menerus sampai tidak ada celah bug lagi.
Contoh dari Strategi Manajemen Layanan Sistem Informasi Berbasis Aplikasi/website online ;
TRAVELOKA
TRAVELOKA
Strategi dan Design Manajemen Layanan Sistem Informasi
Reviewed by Rota
on
05.13
Rating:

Tidak ada komentar: