Strategi dan Design Manajemen Layanan Sistem Informasi

Untuk tugas kali ini saya akan membahas tentang "Strategi & Desain Manajemen Layanan Sistem Informasi berbasis Web". Setiap orang yang mempunyai web untuk tujuan berbisnis atau membantu layanan masyarakat pastinya ingin merasa bermanfaat untuk para pelanggan ataupun orang lain yang memakainya. Ada 4 strategi umum layanan :
  1. Perspektif
  2. Position
  3. Plan
  4. Pattern
Mengapa desain layanan itu penting ? Karena desain layanan bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa layanan akan melakukan seperti yang direncanakan. Disini ada 5 aspek individu dalam desain layanan :
  1. Solusi layanan baru atau perubahan
  2. Sistem manajemen & layanan perangkatnya
  3. Arsitektur teknologi & sistem manajemen
  4. Proses, peran & kemampuan
  5. Metode pengukuran & satuan
Nah, gimana kalau Strategi dalam berbasis web sendiri ?. Ada 6 bagian dari strategi dalam sebuah desain web :
  1. Menetapkan tujuan sebuah web 
    Pastikan client memiliki tujuan untuk apa web itu berjalan dan digunakannya di sektor mana saja.
  2. Identifikasi target yang melihat
    Ada beberapa aspek desain yang akan mempengaruhi desain web tersebut seperti : umur, jenis kelamin, profesi, dan kompetensi
  3. Menentukan brand dari sebuah web
    Memikirkan warna, perasaan yang akan disampaikan semestinya harus memberikan kekuatan untuk brand web tersebut.
  4. Tujuan akhir desain
    Tujuan utama ada 3 :
      • Persingkat text, jangan gunakan bahasa terlalu detail.
      • Perjelas tombol/kolom, contohnya : kolom "pendaftaran" dengan warna atau gambar khusus sehingga gampang ditemukan.
      • Persingkat item-item registrasi, untuk calon pendaftar hanya mengisi bagian yang penting-penting saja, kalau untuk detailnya di dalam selesai mendaftar.
  5. Tool Analisis target
    Jika anda memakai blogger maka untuk mengecek pengujung dengan mengeceknya di RSS Statistik.
  6. Kaizen
    Sebenarnya ini dari bahasa jepang yaitu : Kai artinya perubahan Zen artinya baik. Ketika bekerja dalam dunia per-weban, kita harus berpikir bahwa yang sudah terpublish tidak ada versi finalnya. Kita akan melakukan perbaikan terus-menerus sampai tidak ada celah bug lagi.
Contoh dari Strategi Manajemen Layanan Sistem Informasi Berbasis Aplikasi/website online ;
TRAVELOKA

Tampilan awal saat membuka situs website Traveloka

Tampilan pada saat Login User

Tampilan saat booking tiket pesawat

Tampilan saat booking tiket kereta

Tampilan saat booking kamar hotel/penginapan





sumber : rian-tahsya.blogspot.com
Strategi dan Design Manajemen Layanan Sistem Informasi Strategi dan Design Manajemen Layanan Sistem Informasi Reviewed by Rota on 05.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.